RIM Indonesia


Go to content

Berita

Berita & Artikel

B e r i t a

IRNI: Sistem Registrasi RN (Registered Nurse) di Indonesia Harus Diwujudkan
17 Sep 2007 21:13:52 (Ramedoni)


Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi DKI Jakarta Sarwono Kusumaatmadja menerima kunjungan dari Ikatan Registered Nurse Indonesia (IRNI) di ruang kerjanya, Senin 17 September 2007.

IRNI adalah organisasi profesi keperawatan yang memperhatikan peningkatan kualitas sumber daya keperawatan di Indonesia . “Visi kita adalah terwujudnya pelayanan keperawatan yang berkualitas global.” kata Sudiharto M.Kes, ketua umum IRNI, saat ditemui usai kunjungan.

Menurut Sudiharto, maksud kunjungan IRNI adalah untuk meminta dukungan kepada Sarwono Kusumaatmadja sebagai senator, untuk bersama-sama memperjuangkan terwujudnya sistem registerasi (RN) atau Registered Nurse untuk perawat Indonesia.

Registered Nurse adalah seorang perawat yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatan dan berkompetensi untuk melakukan pelayanan keperawatan klinik yang dibuktikan dengan sertifikat Registered Nurse (RN) melalui proses akreditasi.
“Salah satu kesepakatan negara-negara anggota Asean dalam perjanjian Mutual Recognition Arrangement (MRA) on Nursing Service yang ditandatangani di Cebu pada 8 Desember 2006, adalah menggunakan satu tanda dalam pertukaran dan pelatihan tenaga keperawatan yaitu Regestered Nurse (RN). Selama ini perawat-perawat Indonesia melakukan registerasi RN di luar negeri,” jelas Sudiharto.
Menurut Sudiharto, system registrasi RN di Indonesia harus diwujudkan karena akan membawa dampak positif bagi tenaga perawat Indonesia yang akan bekerja di luar negeri.

“Gaji perawat dengan sertifikat RN lebih tinggi dibanding yang tidak bersertifikat RN. Contohnya, RN di Amerika minimal 50 dollar per jam, bila tidak memiliki sertifikat RN maksimal 7-10 dollar per jam. Hal ini dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan,” jelas Sudiharto.
http://www.sarwono.net/berita.php?id=575


Kualitas Perawat Harus Ditingkatkan

Perjanjian itu ditandatangani oleh Rektor Unpad, Prof. HA Himendra Wargahadibrata dengan Direktur PT Roll Internusa Mandiri, Juliati Simanjuntak ....
Selengkapnya http://www.pikiran-rakyat.co.id/cetak/1004/01/1101.htm


Malaysian College

Bagi Dosen dan CI Keperawatan, Malaysian College membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi pengajar program keperawatan Indonesia.

Semenjak Tahun 2005, belasan universitas dan college di Malaysia merekrut ratusan tenaga pengajar Keperawatan Indonesia. Di tahun 2008 ini masih membutuhkan 100 orang tenaga pengajar untuk college dan unuversitas di Kuala Lumpur dan kota-kota lainnya di Malaysia.

Kesempatan ini tidak saja akan menghasilkan pendapatan yang lebih baik, tapi juga ditunjang oleh fasilitas yang diberikan dari college tersebut yang meliputi tempat tinggal, asuransi kesehatan dan juga kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke program master bagi lulusan S1 atau program Bachelor bagi lulusan Akademi Keperawatan.

Test berikutnya akan diselenggarakan tahun ini bagi para tenaga pengajar dan Clinical Instructor. Dibutuhkan setidaknya 10 orang tenaga Dosen dan 10 orang tenaga Clinical Instructor. Kirimkan biodata dan documen lengkap anda ke alamat kami. Persayaratan dokumen dapat dilihat pada persyaratan.

PERSYARATAN Perawat Bekerja di Luar Negeri .... Klik disini

Untuk REGISTRASI ke dalam Database kami ....Klik disini

Home | About Us | Services | Clients | Peluang Kerja | Registrasi | Berita & Artikel | Kontak | Site Map

Copyright: PT RIM Indonesia
Search / Cari

Back to content | Back to main menu